selamat datang dunia perkuliahan

haaaiiiii, mau sharing aja nih bro n sist. sekarang aku udah kuliah loh~
kalo dirunut dari belakang, ceritanya panjaaaang banget. intinya sekarang aku udah resmi jadi mahasiswa di UGM (Universitas Gadjah Mada) tepatnya FMIPA jurusan KIMIA, bangga banget rasanya bisa pake jas almamater UGM.
pasti banyak yang bertanya kenapa aku bisa masuk situ, jujur nih ya aku masuk UGM karena murni kemampuan ku sendiri, yaaa mungkin karena kekuatan doa dan hoki juga sih hehe.

mahasiswa baru di UGM namanya GAMADA alis Gadjah Mada Muda. cerita dikit waktu PPSMB (Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru) alias Ospeknya UGM lah, nah PPSMB diadakan selama seminggu, terdiri dari 2 hari ospek univ, 2 hari ospek fakultas, dan 2 hari softskill.
ospek univ namanya PALAPA, ospek fakultas namanya PASCAL, dan softskill ya softkill aja haha, kalo ospek jurusan kimia namanya SADAMIKA, tapi itu ga masuk rangkaian acara PPSMB, tergantung setiap jurusan maunya kapan.

oke berawal dari PALAPA, disana aku ketemu orang2 dari berbagai fakultas dan jurusan. satu kelompok terdiri dari 32 orang, itu masih dikit loh ya, dikelompok lain bahkan ada yang sampe 50 lebih, ga ngerti juga sih kenapa kelompok ku orangnya yang paling dikit hehe. nama kelompok ku Suhardi-Tjahjono 10 gugus Vokasi Timur, co-cardnya warna pink loh haha basecamp kelompok ku ada di ruang 306 kelas 10 di gedung diploma Ekonomika dan Bisnis lantai 3.
di kelompok ku ada yang dari FISIPOL, FIB, FEB, FMIPA, FKH, FKG, FK, F.Geo, F.Bio, FP, FT, banyak deh wkwk soalnya UGM aja punya 18 Fakultas. disana aku banyak banget dapet pengalaman, imej ospek yang mungkin menurut sebagian orang menyeramkan berbeda dengan ospek yang ada di ugm, justru ospek yang ini sangat mendidik, karena kita lebih ditekanankan dalam jiwa kepemimpinan, kerja sama, dll yang bernilai positif. tapi tugasnya juga yaaa alhamdulillah banyak yang cukup bikin pusing. haha tetep aja sih ada yang galak-galak juga, tp mereka juga galak karena ada sebabnya dong terutama dalam hal kedisplinan. seru deh pokoknya, udah gitu hidup kita terjamin bgt pas ppsmb, makannya aja enak banget, setiap jam 9 ada coffee break, kuenya enak2 haha, makan siangnya juga ga kalah enak.

lanjut ya ke PASCAL, nah yang ini lebih ekstrim, meskipun lebih ektrim anak kedokteran atau teknik wkwk.
di pascal juga seru kok, ada kelompoknya juga, tp ruang lingkupnya lebih kecil, maba fmipa dari sekitar 600-an orang, satu kelompok terdiri dari 15 orang, yang jelas semua terbagi rata dari setiap jurusan/prodi yaitu matematika, statistika, kimia, fisika, geofisika, ilkomp, dan elins.
tugas pascal juga ga kalah spektakuler, bahkan lebih ribet, bikin co-card yang bentuknya segi 8, bikin map dari pulp, bikin bata dari pulp, terus bikin essay sama life mapping.
selama pascal kita banyak banget dapet materi dari para narasumber yang wow juga, tp jujur aja sih aku lebih sering tidur dari pada ngedengerin materi haha soalnya ngantuk banget -_-
oh iya, waktu upacara pembukaan pascal, para panitia kaya bikin drama kerajaan gitu, ceritanya sang raja yang diperankan sama ketua pelaksana pascal katanya kehilangan sesuatu yang sangat berharga milik kerjaan, dan kita para gamada diberi tugas gitu untuk menemukan "sesuatu yang hilang" tersebut pas hari terakhir.
dan tiba saatnya hari terkahirrrrr, kita dikumpulin di ruang di MU, diputerin video selama kegiatan pascal, seru banget deh, jujur sih rada ngantuk juga hehe dan tiba saatnya MC membacakan sesuatu yang hilang itu apa, feeling aku sih sesuatu yang hilang itu pasti bukan benda, dan tiba-tiba si MC menyebutkan namaku dengan keras di mic "SINTANI NURHIDAYATI" aku shock banget, hah aku masih planga-plongo, temen2 aku bilang "sin nama kamu dipanggil", si MC nyuruh yang namanya dipanggil untuk maju ke depan tp aku ga langsung maju, aku berdiri dulu dengan muka yang masih bingung. gilaaaa aku diliatin sama 600 orang lebih, terus MC juga menyebutkan nama yang cowo, tp aku ga tau siapa hahah terus aku sama cowo itu maju juga, kita berdua di kasih plakat gitu. oooh ternyata aku baru ngerti aku sama dia itu jadi "Prajurit Pascal Terbaik" alias peserta ospek putri terbaik se-fakultas. keren ga sih?
haha alhamdulillah seneng banget, ga nyangka, begitu aku kembali ke tempat duduk banyak yang ngucapin selamat hehe ada kebanggan tersendiri lah.

keesokan harinya, softskill, acara ini ga kalah seru kok, lebih santai, ga perlu pake atribut yang ribet.
nah di kelompok palapa ku tuh ada 4 orang yang dari FMIPA, begitu nyampe kelas, aku langsung di cengin gitu, terus pada hormat gitu sama aku gara2 si rangga (elins) sama willy (fisika) tuh hahaha tapi aku seneng kok
nah di softskill, yang jadi pengisi materinya itu alumni ugm juga, hari pertama kita disuruh buat sungai kehidupan gitu, disitu kita ceritain gimana masa lalu kita, dan mau gimana masa depan kita, ga cuma hal yang serius aja kok, ada games juga yang ga kalah seru hehe terus banyak forum diskusi dan kelompok.
hari kedua juga ga jauh berbeda cuma materinya aja yang berbeda.

tiba saatnya hari terkahir alias inagurasi, jadi rencananya ugm akan membuat formasi garuda raksasa yang keren banget itu loh, katanya sampe masuk koran sama tv kan? haha kita menggunakan properti caping yang dicat berbeda setiap gugus, gugus vokasi timur dapet bagian pita garuda, jadi caping gugus aku wrnanya putih.
oh iyaa saat inagurasi nanti kita akan nari pompom gitu, tapi cerobohnya aku itu pompom ketinggalan dan aku baru sadar kalo ketinggalan pas udah mau masuk lapangan. yoweslah~ sia2 aku buat pompom dari bogor :')
haha tapi alhamdulillah ga dapet hukuman, siapa juga yang mau ngehukum? wong aku jg ga bakal keliatan diantara 9000 anak hahah.
tau ga yogyakarta siang itu panas bingitss, kapan sih jogja ga panas? haha dan kita harus menahan panas itu sampai waktu yang blm ditentukan, selama acara itu ada penampilan dari ukm yang ada, bahkan sambutan dari presiden mahasiswa, tp namanya org kepanasan dijemur mana bisa konsen nonton begituan meskipun kedengerannya seru, lagian ga keliatan juga, layarnya kecil banget, mana duduk paling belakang, bawaannya pengen emosi aja kalo lg panas gitu, aku liat beberapa anak ada yang buat kaya tulisan gitu, macem2 sih, kocak banget.
misalnya nih ya "kami butuh kehangatan cinta bukan kehangatan matahari". "jual es teh 2rb", "terima kost putri" haha macem2 deh, cukup menghibur sih :P
dan akhirnyaaaa inagurasi selesai, alhamdulillah seneng banget, terus kelompok aku pada foto2 narsis gitu seru deh pokoknya.
dan sekarang aku kangeeeen banget sama suasana PPSMB, baik itu palapa maupun pascal, aku kangen merekaaaa, aku kangen cofas aku, aku kangen suasana di kelas, aku kangen semuanya. banyak banget penagalaman yang aku dapet selama PPSMB, nyesel deh buat yang ga ikut hehe.

thank you ugm, aku bangga menjadi bagian dari universitas terbaik di Indonesia ini. Semoga terus melahirkan karakter2 yang dapat menjadikan indonesia lebih baik. love you UGM :*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegiatan di kampus pasca UTS

Misterius

SETRES Part 2